Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merekam Aktivitas Layar Komputer dengan Powerpoint

Pointertivi - Assalamu Alaikum wr. wb. Kali ini pointertivi membahas cara merekam aktivitas layar komputer dengan powerpoint. Merekam atau menyimpan semua kegiatan pada layar komputer atau laptop yang kita gunakan, hanya dengan menggunakan aplikasi microsoft powerpoint. Jadi kita tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan, cukup dengan aplikasi powerpoint yang telah terinstall, sudah dapat merekam segala aktivitas di layar desktop komputer atau laptop kita

.

cara merekam aktivitas layar komputer dengan powerpoint




Adapun langkah-langkah merekam aktivitas layar komputer adalah :
1. Buka software Powerpoint
2. Pilih Blank Presentasi
3. Klik menu Insert dan klik Screen Recording

 



4. Selanjutnya muncul windows Screen Recording
5. Pada windows Screen Recording, pilih Select Area, dan pilih area yang kita ingin rekam
6. Untuk merekam, klik Record
7. Untuk menghentikan perekaman, klik logo windows + shift + Q di keyboard, atau arahkan kursor ke atas, sampai muncul windows screen recording dan pilih stop

Sekarang sudah ada video hasil rekaman kita, di slide powerpoint. Silahkan untuk menjalankan slide tersebut. Apabila hasil rekaman kita sudah sesuai dengan yang kita inginkan, tinggal kita menyimpannya menjadi video.



 

Cara merubah slide, menjadi video adalah :
1. klik menu File
2. Pilih Export
3. Pilih Create a Video
4. dan pilih Create Video
5. Arahkan tempat penyimmpanan video kita tersebut. dan tunggulah beberapa saat, sampai penyimpanan selesai.

Kekurangan merekam kegiatan layar di komputer menggunakan screen recording powerpoint ini, hasil dari video rekamannya kurang memuaskan. Karena hasil export video dari powerpoint, terutama powerpoint 2013 yang saya gunakan, dibatasi hanya menggunakan 1280 x 720 px saja. Beda dengan menggunakan aplikasi tambahan lainnya, yang bisa setting atau ubah menjadi file video avi yang resolusinya lebih besar, dan hasil video jauh lebih memuaskan.


Apabila penjelasan di atas kurang jelas, silahkan lihat vidoe youtube cara merekam aktivitas layar komputer dengan powerpoint di bawah ini :

Demikian cara merekam aktivitas layar komputer dengan powerpoint, semoga tutorial komputer ini dapat bermanfaat bagi Anda. Terima kasih.